berbagai macam sakit kepala

Mengenal Berbagai Macam Sakit Kepala, Cek Di Sini – Sering dalam keseharian kita mengalami sakit kepala. Dan sakit kepala ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja juga di mana saja.

Tetapi sebenarnya sakit kepala itu ternyata terdiri dari berbagai macam yang disebabkan dan terjadi bisa di leher hingga ke area kepala. Tentu saja hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman yang bisa berlangsung hingga berhari-hari.

Berbagai Macam Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan kondisi ketika muncu rasa sakit dan tidak nyaman yang terjadi di kepala, kulit kepala mau pun di leher. Penyebabnya bisa karena kelelahan, tekanan darah yang meningkat dan bisa jadi karena gangguan pada otak dan sistem saraf di otak.

Biasanya yang sering terjadi adalah migrain, sakit kepala tegang (tension headache) serta sakit kepala klaster (cluster headaches). Di bawah ini berbagai macam sakit kepala yang bisa dibaca:

Sakit Kepala Migrain

Sakit kepala migrain biasa disebut juga sakit kepala sebelah. Dan ini terjadi biasanya karena hanya di satu sisi kepala saja. Saat terjadi sakit kepala ini biasanya dibarengi dengan pandangan mata yang kabur, tangan dan kaki merasa kebas seperti kesemutan dan cenderung mengalami kesulitan bicara.

Hal ini bisa dialami beberapa jam bahkan ada yang berhari-hari. Pada beberapa orang dapat mengalami gejala seperti mual, muntah serta lebih sensitif terhada cahaya juga suara.

Hasil dari penelitian WHO, migrain lebih sering dialami oleh wanita. Dari total populasi manusia usia 18-65 tahun yang melaporkan sakit kepala migrain sekitar 30%. Dan serangan pertama kerap terjadi saat usia pubertas dan sering dialami pada usia 35-45 tahun.

Penyebab migrain hingga kini masih belum diketahui, tetapi bisa jadi disebabkan karena:

  • Adanya perubahan hormon estrogen pada wanita yang tidak stabil terjadi saat haid, hamil dan menopause.
  • Wangi parfum yang menyengat baunya serta paparan asap rokok.
  • Terlalu banyak mengkonsumsu junk food/pola makan yang tidak baik.
  • Terjadi stres, depresi, gelisah berlebihan juga kurang istirahat.
  • Efek samping pemakaian obat yang tidak tepat.

Sakit Kepala Tegang (Tension Headaches)

Sakit kepala tegang atau tension headaches adalah sakit kepala dengan ciri nyeri dan tegang di leher hingga bahu, belakang kepala serta di dahi. Terkadang juga terasa di ubun-ubun atau bagian atas kepala.

Sakit kepala tegang bisa dialami oleh siapa saja tetapi lebih sering terjadi pada remaja dan dewasa, serta umumnya sering terjadi pada wanita. Sakit kepala tegang ini disebabkan karena:

  • Stres
  • Kurang beristirahat/lelah
  • Dehidrasi
  • Karena lapar
  • Sinar matahari yang terik
  • Postur tubuh yang salah karena salah posisi duduk mau pun tidur
  • Kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dan kebiasaan buruk merokok
berbagai macam sakit kepala
Ilustrasi wanita sakit kepala, foto Mikael Blomkvist di pexels.com

Sakit Kepala Klaster (Cluster Headaches)

Sakit kepala klaster (cluster headaches) disebabkan karena nyeri yang terjadi berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Biasanya nyeri yang dialami berada di sekitar mata (di belakang mata) dan juga pada salah satu sisi kepala.

Gejala sakit kepala klaster ini selain sakit di salah satu sisi kepala yaitu mengalami mata bengkak dan merah, pilek atau hidung tersumbat hingga kelopak mata tampak lemas.

Penyebab sakit kepala ini diduga karena adanya gangguan pada hipotalamus, yaitu bagian otak yang bertugas menjaga sistem tubuh agar tetap berjalan stabil. Gangguan yang terjadi pada hipotalamus ini dapat menyebabkan munculnya nyeri di kepala.

Cara Pengobatan Sakit Kepala

Berbagai cara untuk pengobatan sakit kepala yaitu:

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan munculnya sakit kepala. Biasakan membawa botol minuman kemana pun pergi.

Kurangi Tekanan pada Area Kepala

Yang terbiasa mengikat rambut atau memakai ikat kepala yang terlalu kencang, coba kendurkan agar tekanan pada area kepala berkurang. Menggunakan kacamata yang kekecilan atau topi yang kesempitan mau pun headband di saat olah raga dapat menyebabkan peredaran darah tidak lancar sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Istirahat di Tempat Minim Cahaya

Ketika terjadi sakit kepala, sebaiknya istirahat di tempat yang minim cahaya. Sehingga dapat membuat sedikit lebih tenang dan meredakan sakit kepala.

Baca juga: Bukit Jengkokang Batu Malang, Destinasi Wisata Alam Hits

Cukup Tidur

Sakit kepala dapat disebabkan karena kurang tidur. Dengan tidur cukup 7-8 jam sehari dapat terhindar dari sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas harian.

Lakukan Peregangan

Otot tubuh yang tegang karena stres dapat menyebabkan munculnya sakit kepala. Lakukan peregangan otot tubuh secara berkala agar frekuensi timbulnya sakit kepala dapat dicegah. a

Lakukan Pijat Kepala

Bila terjadi serangan sakit kepala, bisa lakukan pijat kepala secara ringan. Hal ini akan meredakan nyeri sakit kepala.

Minum Teh atau Kopi Hangat

Dengan minum teh dan kopi hangat dapat meredakan nyeri sakit kepala. Karena kafein dapat membantu mempersempit pembuluh darah yang meluas karena tubuh melepaskan adenosin.

Kompres Area Kepala dengan Es

Meredakan sakit kepala dapat melakukan kompres area kepala seperti di dahi dan pelipis dengan menggunakan lap air dingin yang berasal dari es. Dengan demikian hal ini dapat menghambat pelesapasan zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju kepala. Kompres dapat dilakukan selama kurang lebih 15 menit dan beri jeda selama 15 menit.

Konsumsi Makanan Pereda Sakit Kepala

Mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium dapat meredakan sakit kepala seperti kacang-kacangan, sayur juga coklat.

Konsumsi Obat Sakit Kepala

Bila cara-cara di atas tidak dapat meredakan nyeri sakit kepala, maka dapat diambil tindakan dengan mengonsumsi obat sakit kepala. Pilih obat sakit kepala yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Demikian artikel tentang berbagai macam sakit kepala dan cara pengobatannya semoga dapat membantu.