Bukit Jengkoang Batu Malang, Destinasi Wisata Alam Hits – Malang Raya dengan geografinya mulai dari pantai hingga pegunungan. Sehingga tercipta wisata alam mulai dari wisata pantai, wisata air terjun hingga wisata gunung dengan kebun sayur dan kebun teh.

Kota Batu dengan alam pegunungannya yang indah sejak jaman dahulu kala, menyebabkan bangsa Belanda menyebut Batu sebagai De Kleine Switzerland. Sehingga banyak warga Belanda saat itu beristirahat di Batu karena pemandangannya yang indah dan berhawa sejuk.

Panorama pegunungan yang menghijau mengundang wargalokal mau pun wisatawan domestik untuk berekreasi di wisata alam Kota Batu. Salah satunya Bukit Jengkoang Batu Malang yang menjadi salah satu destinasi wisata alam.

Akses Menuju Bukit Jengkoang 

Akses menuju Bukit Jengkoang sangat mudah. Bila dari Alun Alun Kota Batu hanya berjarak 7,2 KM atau sekitar 20-3- menit perjalanan. Kok lama banget sampe 30 menitan? Iya karena setelah melewati pemukiman penduduk dengan jalan aspal mulus, setelah itu kalian akan ketemu jalan menanjak berbatu. Walau pun batu-batu tertata rapi tetapi tetap harus hati-hati apalagi saat hujan akan sangat licin.

Bukit Jengkoang berlokasi di utara Kota Batu yaitu di Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tidak jauh dengan Batu Love Garden dan Retrorika Cafe Bar & Resto. Memasuki area pemukiman penduduk dengan nama-nama jalannya adalah nama buah-buahan seperti jalan Apel, jalan Nangka dan lainnya.

Setelah lepas dari pemukimanan, kalian akan menemui jalan yang hanya muat satu mobil sama dengan jalan di pemukiman tadi tetapi ini merupakan jalanan berbatu serta menanjak.

Suasana perjalanan menuju Bukit Jengkoang dengan di kanan kiri jalan terdapat kebun buah-buahan seperti kebun jambu batu, kebun apel, kebun jeruk dan buah-buah lainnya. Selama perjalanan akan kalian temui para pengendara kendaraan offroad seperti sepeda gunung mau pun motor trail.

Ketika kalian menemui tiang berwarna hijau di sebelah kanan, sampailah di tujuan taitu Bukit Jengkoang. Di Bukit Jengkoang, akses untuk kendaraan berupa tanah, bisa dibayangkan saat turun hujan akan sangat becek dan licin untuk dilalui.

Aktifitas di Bukit Jengkoang

Bukit Jengkoang menjadi destinasi para penggemar olahraga offroad seperti motor trail dan sepeda gunung. Dengan lincahnya mereka melalui jalanan berbatu menuju Bukit Jengkoang.

Selain itu banyak yang melakukan hunting foto di sana. Untuk fotografer landscape biasanya mengejar momen sunrise atau matahari terbit mau pun sunset karena indah sekali ambience sinar matahari yang ditampilkan.

Salah satu objek foto adalah rumah loji berhantu yang banyak dipakai sebagai latar belakang foto untuk foto prewed mau pun foto selfie.

bukit jengkoang batu malang

foto: www.happydyah.com

Tak hanya rumah loji saja, lahan pertanian yang menghijau ditanami cabai, kobis, kembang kol, brokoli, tembakau, mau pun jagung dapat menjadi latar belakang foto yang cantik.

Pohon-pohon pinus di lereng Gunung Arjuno menjadi lansekap cantik yang membuat semua orang berdecak kagum untuk melihatnya. Betapa indahnya alam Indonesia. Di Bukit Jengkoang ini, kalian dapat melihat dari kejauhan Gunung Semeru, Gunung Kawi, Putri Tidur mau pun Gunung Welirang.

Yang mau kemping juga bisa di bukit ini. Tersedia camping ground yang dapat dimanfaatkan bersama teman mau pun keluarga atau komunitas.

Kalau lapar bagaimana? Jangan khawatir, di Bukit Jengkoang tersedia banyak warung mau pun cafe yang menyajikan minuman panas mau pun makanan dan cemilan. Asyik banget kan, dingin-dingin di bukit sambil menikmati secangkir kopi panas bersama ayank, uhuy.

Harga Tiket Masuk Bukit Jengkoang

Untuk harga tiket masuk Bukit Jengkoang tidak ada alias gratis. Kalian masuk ke Bukit Jengkoang harus menjaga tata tertib dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak berfoto di kebun-kebun sayur karena dapat menginjak-injak sayuran. Kalau ketauan bakal ditegur dan tidak segan-segan diusir oleh yang punya kebun.

Untuk kalian yang belum ke Bukit Jengkoang Batu Malang, segera cusss ke sana. Siapkan stamina dan jangan lupa bawa baju hangat.