bukit kuneer malang

Bukit Kuneer Malang, Dikelilingi Kebun Teh Nan Sejuk – Malang Raya dengan geografinya mulai dari pantai hingga pegunungan. Sehingga menyajikan wisata lengkap mulai dari wisata pantai, wisata air terjun hingga wisata alam pegunungan.

Wisata alami yang berada di area pegunungan dan bukit tak terhingga jumlahnya. Katakan saja mulai dari Bukit Jengkoang, Gunung Panderman, Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Semeru dan pegunungan lainnya.

Yang tak kalah menarik adalah Bukit Kuneer yang dikelilingi kebun teh Wonosari. Untuk kalian yang bosan ke pantai serta di rumah aja, dan ingin menikmati wisata alam berhawa sejuk murah meriah bisa ke Bukit Kuneer ini.

Akses Menuju Bukit Kuneer

Bukit Kuneer merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di area kebun teh Wonosari milik PTPN XII. Beralamat di Jalan lereng Arjuno No.65153, Kreweh, Gunungrejo, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65153.

Dari tol exit Lawang untuk ke Wisata Agro Kebun Teh Wonosari sekitar 10 KM atau sekitar 25 menit. Tinggal ikuti petunjuk jalan atau google maps. Di gerbang kebun teh pengunjung membayar tiket masuk yang masih terjangkau juga untuk parkir kendaraan. Untuk weekday Rp 15,000 dan Rp 20,000 untuk week end.

Setelah memarkir kendaraan, bisa tanya ke tukang parkir untuk jalan menuju Bukit Kuneer. Sebetulnya mudah sekali, karena banyak penunjuk jalan berupa papan bertuliskan Bukit Kuneer. Berjalan kaki sekitar satu jam dengan akses jalan yang berbatu besar dan di kanan kiri jalan merupakan kebun teh yang menghijau dan berhawa sejuk. Akses jalan ini muat untuk 1 kendaraan seperti mobil atau truk pengangkut teh.

Saat terbaik untuk berada di Bukit Kuneer adalah saat sunrise atau matahari terbit. Karena suasananya indah sekali tetapi saya ke sana pada pagi hari setelah matahari terbit.

Perjalanan dari parkiran ke Bukit Kuneer Lawang saya tempuh dengan berjalan kaki pelan-pelan. Dengan kondisi jalanan yang menanjak dan berbatu saya tempuh dengan hanya satu jam saja. Saya berhenti beberapa kali untuk membuat konten sebentar, kalau diniatkan untuk istirahat bakal lama berhentinya hehe.

Untuk yang ingin ke wisata alam Malang di Bukit Kuneer tetapi tidak ingin berjalan kaki terlalu lama dapat mengambil paket tour.

Paket Tour ke Bukit Kuneer

Kebun Teh Wonosari yang telah ada sejak jaman kompeni alias kolonial Belanda yaitu tahun 1910. Saat itu NV Cultur Maathappy perusahaan Belanda yang memegang kendali kebun teh tersebut fokus dengan menanam teh dan kina.

Setelah lepas dari penjajahan Belanda dan Jepang, kebun teh diambil alih oleh PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) hingga saat ini dan fokus untuk menangani produksi teh serta kopi dan distribusinya. Yang terkenal produksi tehnya adalah teh dengan merk Rolas.

Di area kebun teh PTPN XII Wonosari ini selain ada pabrik teh, juga ada cafe serta penginapan berupa hotel dan cottage. Beberapa wahana permainan untuk anak juga bisa dinikmati.

Paket tour untuk menuju ke Bukit Kuneer disediakan oleh Wisata Agro Kebun Teh Wonosari. Hanya dengan Rp 350,000 untuk 4 orang pengunjung dapat menggunakan jeep 4×4. Dan tak lupa setelah menikmati keindahan pemandangan Bukit Kuneer akan disajikan teh Rolas, ah mantap.

Paket tour Bukit Kuneer ini melayani pengunjung yang ingin menikmati sunrise mulai dari Subuh, hingga sore hari jam 16.00 WIB.

Fasilitas Bukit Kuneer

Setelah menumpuh perjalanan yang membuat saya penasaran karena sepanjang perjalanan tidak menemui pengunjung yang akan atau baru balik dari Bukit Kuneer. Penasaran juga ragu-ragu, benar tidak ini jalan menuju Bukit Kuneer? Padahal penunjuk arahnya sudah benar.

wisata malang
bersama pak Abadi (dok. pribadi)

 

Setelah melewati jalan berbatu-batu yang biasa dilewati oleh mobil jeep 4×4, kami mengikuti petunjuk arah dimana saya harus melewati jalan kecil setapak di antara pohon-pohon teh. Di jalan setapak di antara pohon-pohon teh ini saya bertemu dengan seorang ibu pemetik teh. Dan akhirnya sampai tiba saatnya saya melihat di kejauhan gazebo dan rumah pohon. Alhamdulillah.

Tiket Masuk Bukit Kuneer

Memasuki Bukit Kuneer saya disambut pak Abadi, penjaga juga penggagas wisata Bukit Kuneer. Dengan ramah pak Abadi mengajak saya untuk duduk di gazebo dan mengobrol. Beliau tahu saya lelah karena telah mendaki menuju Bukit Kuneer sehingga beliau tidak langsung menagih uang tiket masuk.

Tiket masuk Bukit Kuneer sangat terjangkau. Hanya Rp 10,000 saja dan saya seteah mengobrol sebentar saya melanjutkan berjalan-jalan lagi di area bukit.

Jembatan dan Rumah Pohon serta Gazebo

Kalau ke Bukit Kuneer, tidak sah rasanya kalau tidak pepotoan di jembatan kayu. Jembatan yang ujungnya bisa dinaiki dan duduk-duduk di atasnya. Bisa juga sebagai gardu pandang dan spot foto objek yang ada di jembatan.

Jembatan yang berada di tengah-tengah kebun teh tentunya menampilkan pemandangan yang indah apalagi berfoto di jembatan kayu tersebut. Dan ini yang menjadi spot wisata viral Malang.

Bukit Kuneer sebagai salah satu wisata Malang juga dilengkapi dengan gazebo-gazebo kayu serta rumah pohon. Banyak pengunjung yang menghilangkan lelahnya setelah mendaki bukit dengan berleha-leha di rumah pohon.

Pak Abadi sebagai penjaga Bukit Kuneer menyarankan, ketika akan pulang jangan lewat jalan yang tadi. Informasi dari beliau, saya bisa turun melewati jalan yang telah dibuatnya, hanya dengan jarak tempuhnya 15 menit saja.

bukit kuneer malang
dok. pribadi

 

Ouwh.. ternyata 15 menitnya itu bukan sampai parkiran ya gaesss, tetapi sampai di jalan yang muat satu mobil yang berbatu. Jadi 15 menitan itu menempuh jalan setapak yang berada di kebun teh.

Tetapi menuju ke parkiran tidak terlalu lama juga, karena saya masuk ke dalam ke area wisata agro kebun Teh Wonosari terlebih dahulu dan menukar tiket masuk dengan segelas teh hangat di pendopo depan. Lelah langsung terhempas setelah meneguk teh panas asli dari kebun teh.

Untuk kalian yang ingin menikmati wisata Malang dengan suasana kebun teh dengan ketinggian 1100 mpdl, tentunya bisa ke Bukit Kuneer ini. Siapkan stamina atau bisa pesan paket tour ke Bukit Kuneer Malang.