cara memulai usaha toko bunga

Cara Memulai Usaha Toko Bunga, Bisa Cek Di Sini – Salah satu bisnis yang gak ada matinya adalah usaha toko bunga. Kenapa bisa begitu? Mulai dari perayaan ulang tahun, valentine, hari ibu, wisuda, lamaran, wedding, kelahiran si kecil, peringatan event tertentu hingga kematian pasti membutuhkan bunga sebagai pemberian untuk orang terkasih mau pun instansi dan bisa juga untuk dekorasi ruangan.

Walau pun bunga bukan merupakan kebutuhan pokok, usaha jual beli produk bunga ini bisa menjadi potensi yang cemerlang. Apa lagi di saat jaman teknologi serba digital, dengan mempromosikan toko bunga secara online maka banyak pembeli yang memanfaatkan jasa toko bunga untuk pengiriman bunga kepada orang tersayang.

Sebaiknya bagaimana cara memulai usaha toko bunga, bisa disimak di artikel di bawah ini.

Tentukan Lokasi Usaha Toko Bunga yang Strategis

Lokasi yang strategis sangat menentukan kemajuan usaha toko bunga. Dengan memilih di area dengan mobilitas tinggi semisal di pinggir jalan besar, daerah pusat perkantoran mau pun pusat perbelanjaan/di dalam  mall.

Untuk masyarakat perkotaan biasanya sudah terbiasa dengan pemberian bunga bila ada event.

Baca juga: Belajar Foto Produk dengan HP

Tentukan Brand atau Nama Toko

Untuk memulai bisnis toko bunga, tentunya harus mempersiapkan terlebih dahulu adalah brand atau nama toko. Memilih nama yang eye catching tetapi mudah diingat tidaklah mudah. Dengan menyertakan logo untuk brand akan memudahkan orang untuk mengingat dan langsung memesan bunga.

cara memulai usaha toko bunga
Foto Julia Volk di pexels.com

Siapkan Modal Usaha

Hal yang harus dipersiapkan sebagai cara memulai usaha toko bunga yaitu tentu saja dengan menyiapkan modal usaha. Buat perincian apa saja yang akan dibutuhkan untuk membuat toko bunga.

Mulai dari bunga, kertas pembungkus, kain flanel, aneka pita, kayu untuk membuat karangan bunga, jarum pentul, lem tembak. biaya untuk membayar pegawai dan lainnya semua harus diperhitungkan. Termasuk kartu ucapan sebagai isi pesan yang mau disampaikan kepada calon penerima karangan bunga.

Semua yang dibutuhkan bisa dicatat kemudian dipersiapkan dananya sebagai modal usaha untuk memulai cara memulai usaha toko bunga.

Miliki Keterampilan Merangkai Bunga

Dalam memulai usaha toko bunga, tentu saja harus memiliki keterampilan merangkai bunga. Dengan memiliki passion pastinya kreatifitas akan timbul dalam merangkai bunga pesanan pembeli.

Belajar merangkai bunga bisa langsung ke ahlinya atau belajar secara otodidak, baik secara online melalui media mau pun lewat buku.

Gunakan Strategi Pemasaran yang Efektif dan Optimal

Agar bisnis terjangkau oleh calon pembeli, lakukan promosi dengan menggunakan strategi pemasaran yang efektif dan optimal. Manfaatkan sosial media yang dimiliki, seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, market place dan kanal lainnya.

Gunakan foto produk terbaik agar menarik calon pembeli. Hindari foto blur dan gelap. Bisa melakukan editing tetapi masih batas wajar agar foto terlihat baik.

Baca juga: Belajar Foto Produk dengan HP

Dengan memanfaatkan perayaan atau event-event seperti wisuda bisa memberikan promo khusus dengan membuat paket-paket yang menarik calon pembeli untuk membeli.

After Sales

Hal terakhir untuk cara memulai usaha toko bunga adalah dengan memperhatikan after sales. Jangan lupa setelah melakukan servis kepada pelanggan, bisa ditanyakan bagaimana dengan buket bunga yang telah diterima atau yang dikirim kepada orang tersayangnya. Apakah ada kekurangan dan bisa disampaikan atau sudah merasa puas. Bila ada kekurangan akan menjadi pembelajaran untuk toko bunga agar lebih memperhatikan untuk oerderan berikutnya.

Demikian cara memulai usaha toko bunga yang dapat disampaikan dan bisa menjadi panduan.