Cara Merawat Mobil Matic yang Tepat

cara merawat mobil matic

Cara merawat mobil matic ada tipsnya tersendiri. Mobil transmisi  otomatis atau matic merupakan kendaraan dengan sistem perpindahan transmisi yang diatur tanpa perlu menginjak pedal kopling dan dilakukan oleh pengendaranya. Di pasaran sekarang ini, ada dua jenis sistem matic yang dikeluarkan oleh produsen mobil yaitu semi otomatis dan otomatis.

Kelebihan Mobil Matic

Jika membandingkan dengan mobil manual, ada beberapa profit mobil matic yang membuat para pengendaranya merasa nyaman dan lebih menentukan mobil matic. Pemakaian lebih mudah karena cara mengemudinya lebih sederhana.

Mobil matic bisa dikendarai hanya dengan menginjak pedal gas tanpa perlu memikirkan perpindahan gigi transmisi saat menemui medan yang berbeda-beda. Kaki lebih rileks karena tidak ada pedal kopling yang perlu diinjak seiring dengan perpindahan transmisi. Pengendara hanya cukup memakai satu kaki untuk menginjak gas dan rem secara bergantian.

Nyaman di jalanan macet karena pengendara tidak perlu memindahkan transmisi terlalu kerap karena laju kendaraan yang lambat. Pengendara juga tidak harus repot menahan pedal kopling saat jalanan padat merayap.

Cara Merawat Mobil Matic

Setelah memahami seluk beluk mobil matic, maka berikutnya Anda harus mengetahui cara merawat mobil matic supaya mesin tetap awet dan tetap nyaman dipakai.

Ganti Oli Mesin dengan Teratur

Cara merawat mobil matic yang pertama yaitu pastikan Anda mengganti olinya secara berkala. Idealnya, mobil matic perlu ganti mobil jika telah menempuh jarak 25 ribu km dan maksimal 50 ribu km.

Panaskan Mobil Tiap Hari

Memanaskan mobil tiap hari memang sebuah kegiatan perawatan yang perlu dilakukan pada mobil manual dan mobil matic. Meski terkesan sepele, namun mobil matic lebih rewel untuk urusan memanaskan mesin ini.

Mobil matic yang dipanaskan tiap hari akan mempunyai mesin yang prima dan jarang mengalami gangguan. Dengan rutin memanaskan mesin matic tiap hari maka oli akan tetap merata ke seluruh komponen mesin.

Perhatikan Kondisi Transmisi

Cara merawat mobil matic berikutnya adalah dengan memperhatikan kondisi transmisi mobil matic tersebut. Pastikan Anda tahu riwayat mobil keseluruhan dari awal hingga sekarang, sekalipun Anda membelinya tidak dalam keadaan baru. Supaya kondisi transmisi mobilmu tetap terjaga, ada 2 cara perawatan mobil matic yang bisa Anda coba.

Ganti Oli Transmisi Berkala

Pada mesin matic, penggantian oli bukan hanya pada oli mesin saja, namun juga oli transmisi yang perawatan ini tidak terdapat pada mesin manual. Pastikan memakai oli transmisi berkualitas supaya performa yang dihasilkan juga optimal.

Pakai Persneling dengan Tepat

Mobil matic memudahkan pengemudinya dalam memindahkan transmisi sehingga tuas transmisi mempunyai beberapa pengaturan berbeda. Bagi pengguna yang terbiasa dengan mobil manual, tentu pemakaian tuas transmisi matic cukup membingungkan karena tiap pilihan fitur mempunyai fungsi berbeda dan perlu tepat penggunaannya.

Jika pemakaian tuas persneling transmisi ini tidak sesuai dengan fungsi seharusnya, maka kerusakan bagian gearbox bisa cepat terjadi.

Kontrol Kondisi Valve

Terkadang kerusakan valve dikarenakan oleh hentakan gas yang terlalu agresif. Maka dari itulah penting untuk selalu mengontrol kondisi secara rutin agar bisa merawat mobil matic Jadi tetap selalu prima.

Lakukan Uji Jalan

Mobil matic sebaiknya rutin dipakai tiap hari untuk kegiatan harian. Jika memang Anda tidak memakai mobil dalam waktu yang cukup lama, pastikan Anda mengendarainya tiap beberapa bulan sekali untuk mendeteksi apakah ada perubahan yang signifikan pada kondisi mesin.

Hal ini begitu penting dilakukan karena berhubungan dengan kesehatan gearbox saat mobil jarang digunakan sehingga oli transmisi mengental.

Jangan Injak Gas Tiba-Tiba

Mobil matic memang didesain untuk berkendara santai dengan cara menyetir yang tidak terlalu agresif. Kebiasan menyetir mobil matic agresif ini akan mengakibatkan katup solenoid rusak. Kerusakan katup ini dikarenakan oleh perubahan oli ke converter toris yang tidak sempurna.

Cara merawat mobil matic berikutnya adalah dengan memastikan posisi netral saat berhenti. Mobil matic akan melaju perlahan saat transmisi dalam keadaan “D” sekalipun tidak menginjak rem.

cara merawat mobil matic
Foto: www.pexels.com

Bersihkan Oli Mesin dan Transmisi saat Banjir

Mungkin semua kendaraan akan memerlukan perawatan saat terkena banjir. Tetapi untuk mobil matic, kondisi terkena banjir ini bisa berbuntut pada kerusakan komponen yang lebih besar lagi. Hal lain yang perlu dilakukan adalah menguras oli transmisi dan langsung menggantinya dengan yang baru.

Rasanya sia-sia saja mengikuti keempat cara merawat mobil matic di atas, jika saat mobil terendam banjir, Anda tidak langsung sigap untuk memberikan pertolongan pertama. Jika hal ini tidak dilakukan secara cepat, maka mesin matic akan rusak makin parah karena air sudah merusak beberapa komponen penting yang riskan.

Cara merawat mobil matic sudah diinformasikan di atas, semoga bermanfaat!