review iphone 14

Review iPhone 14: Kamera dan Fitur Canggih Melebihi Android – Belum lama rilis iPhone 13, kini iPhone kembali hadir dengan versi iPhone 14 dengan kamera yang lebih baik dan terdapat fitur baru yang disebut “poni.” Dan, pada kesempatan kali ini kami akan membuat review iPhone 14 untuk fitur-fitur terbaru yang ditawarkan.

Review iPhone 14

Tahun ini, Apple kembali hadir dengan varian versi terbarunya, yakni iPhone 14 series. Mulai dari iPhone 14 reguler, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. versi terbaru ini diumumkan secara langsung dalam acara Apple Event bertajuk “Far Out” pada 8 September pukul 00.00 WIB.

Meski versi teranyarnya memiliki tampilan dan spesifikasi yang hampir mirip dengan iPhone 13, tetapi pihak Apple menyatakan terdapat pembaruan yang lebih baik lagi dalam fiturnya.

Namun, perbedaan ini akan lebih terasa signifikan hanya pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Lalu, pihak Apple sendiri tidak merilis versi “Mini”, tetapi menggantinya dengan model “Plus”. Pihak Apple berkaca dari penjualan sebelumnya untuk varian “Mini” tidak begitu banyak peminat.

 

review iphone 14
Foto Tracy Le Blanc di pexels.com

 

Namun, penjualan iPhone 14 ini belum bisa dipastikan kapan akan mendarat di Indonesia. Apabila mengikuti pola peluncuran iPhone 13 tahun lalu, kemungkinan iPhone 14 ini baru akan diedarkan ke Indonesia pada awal November mendatang.

Kelebihan iPhone 14 Series

New TrueDepth Camera & Capture in Any Light

Ponsel ini dibekali dengan TrueDepth camera dengan autofokus. Pada kamera depannya memiliki aperture f/1.9 yang memungkinkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk foto dan video. Bahkan, bisa digunakan dalam kondisi low light (minim cahaya) dan bisa mempengaruhi kedalaman gambar (efek bokeh).

Action Mode

Mode aksinya mampu membuat penampakan video sangat halus karena sensornya dapat menyesuaikan goyangan, gerakan, dan getaran yang signifikan, bahkan saat video diambil di tengah aksinya.

Baca juga:

Kelebihan HP Vivo Y12S, Mulai dari Desain Sampai Baterainya

10 Tips Merawat Gadget Agar Awet dan Tahan Lama

Cinematic Mode in 4K

Ponsel ini mendukung rekaman video cinematic mode beresolusi 4K di 30 fps dan 4K di 24 fps.

Crash Detection

Fitur ini mampu mendeteksi adanya kejadian kecelakaan yang Anda alami dan langsung melakukan panggilan darurat apabilaa diperlukan.

Emergency SOS via Satelite

Selain itu, ponsel ini dapat terhubung dengan frekuensi satelit dan membutuhkan waktu 15 detik untuk mengirim pesan SOS. Fungsi ini dapat mengirim pesan darurat di tempat yang tidak terjangkau sinyal seluler dan WiFi.

Ketika sudah dinyalakan, Anda cukup mengarahkan iPhone ke atas untuk mengikuti keberadaan satelit. Dan, Anda bisa ikuti panduan dari penyedia layanan darurat.

All Day Battery Life

Untuk review iPhone 14 selanjutnya adalah daya tahan baterainya.  Anda bisa melakukan pemutaran video hingga 20 jam, video streaming 16 jam, dan pemutaran audio 80 jam.

Ceramic Shield

Shield ini membuat iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menjadi lebih kuat.

Splash and Water Resistance

Versi terbaru ini memiliki peringkat IP68 menurut standar IEC 60529, yang berarti iPhone 14 aman dari tumpahan, cipratan, hingga hujan serta tahan apabila terendam dalam kedalaman maksimal 6 meter hingga 30 menit.

Fitur Tambahan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Dynamic Island

Fitur toggle pada bagian atas layar dihilangkan dan menjadi Dynamic Island di belakang kamera depan untuk beralih dari satu fitur ke fitur lainnya. Selain itu fitur ini bisa digunakan untuk memantau lama panggilan, baterai AirPod, papan skor olahraga, beralih ke aplikasi musik, peta, dan kontrol notifikasi.

Selain itu, fitur ini juga bisa dinonaktifkan dengan mudah dengan ketuk jari ke fitur tersebut.

48 MP Main Camera

Selain ukuran kamera yang besar, terdapat sensor quad-pixel juga yang bisa memberikan stabilisasi gambar optik sensor–shift generasi kedua.

Ultra Wide Camera

Ultra Wide 12 MP ini memiliki pixel 1,4  µm dan kamera telefotonya mampu menawarkan zoom optik 3x.

A16 Bionic Chip

A16 Bionic ini dilengkapi dengan CPU enam inti (hexa-core) dengan dua inti kinerja dan empat inti efisiensi. Diklaim 40% lebih cepat, sementara dua inti berkinerja tinggi membutuhkan daya 20% lebih sedikit daripada jenis chip A16.

Nah, itulah review iPhone 14 yang akan segera diedarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Bagi Anda yang berminat, bisa mulai siapkan budget dari sekarang ya.